(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
x

Jelang Situngra Besok, KPU-Bawaslu Pamekasan Sibuk Tepis Tudingan Pemilu Curang

2 minutes reading
Friday, 1 Mar 2024 13:16 0 32 detektif_jatim

Pamekasan, Detektifjatim.com – Menjelang rekapitulasi penghitungan suara (Situngra) pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pamekasan sibuk melayani demonstrasi, Jum’at (01/03/24). Kedua lembaga penyelenggara itu sama-sama diunjuk rasa soal dugaan pemilu curang.

Massa gabungan saksi dan calon legislatif (Caleg) terlebih dahulu mendatangi kantor KPU Pamekasan. Caleg DPR RI dari Partai Gerindra Moh Basri dalam orasinya mengatakan, banyak ditemukan praktik kecurangan yang tampak didepan mata. Yakni, yang terjadi di Kecamatan Tlanakan, Pademawu, Palengaan.

“Yang tidak tampak, praktik dugaan kecurangan terjadi banyak surat suara tidak dicoblos. Mereka (Oknum Komisioner KPU,Red) melakukannya secara terstruktur sistematis dan massif (TSM) ke bawah,” kata Ibas

Ibas mencontohkan, surat suara (SS) di beberapa Kecamatan, mulai dari caleg DPRD Kabupaten, Provinsi, hingga Pusat suara banyak yang dihilangkan, dan tidak tercoblos.

“Saya menduga ada praktik oknum komisioner KPU dengan kepentingan masing-masing, punya caleg tersendiri,” tuduh Ibas dalam¬† orasinya, Jum’at (01/03/04)

Komisioner KPU Pamekasan Moh Amiruddin tidak membantah juga tidak mengiyakan tudingan demontran. Amir menjawab diplomatis tuduhan sejumlah massa.

“Proses pelaksanaan pemilu beserta tahapannya mulai pemungutan, rekapitulasi ditingkat desa hingga kecamatan sesuai mekanisme. Semua harus dihormati,” ujarnya.

Ditempat terpisah, massa juga menggelar orasi di depan kantor Bawaslu Kabupaten. Poin mereka sama, dugaan kecurangan pemilu di beberapa tempat. Dan, permintaan pemungutan suara ulang (PSU).

Saksi Partai Hanura Rachmad Kurnia Irawan bahkan menyegel kantor Bawaslu Pamekasan lantaran ketua Bawaslu Pamekasan Sukma Firdaus enggan menandatangani tuntutan yang sudah disiapkan demontran. “Mohon maaf saya tidak bisa,” kata Sukma lalu masuk kantor Bawaslu.

Situngra Pemilu KPU Sumenep Teduh, Pamekasan Bantah Terhambat Demo, Besok Rekap Kabupaten 

AMPP Datangi Kantor KPU Pamekasan, Minta Tahapan Pemilu Terus Berjalan

Logistik Pemilu Disimpan di Rumah Kades, Tim Sukses Salah Satu Caleg Keberatan

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x