(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
x

Situngra Pemilu KPU Sumenep Teduh, Pamekasan Bantah Terhambat Demo, Besok Rekap Kabupaten 

2 minutes reading
Friday, 1 Mar 2024 06:33 0 22 detektif_jatim

Pamekasan, Detektifjatim.com – Rekapitulasi penghitungan suara (Situngra) pemilu 2024 di tingkat KPU Sumenep sudah berlangsung sejak Kamis (29/02/24), di Gedung Adi Poday. VSitungra di diujung timur pulau Madura itu teduh nyaris tidak ada protes.

Hingga berita ini ditulis, berdasarkan live streaming di YouTube KPUSumenepNew, situngra ditingkat Kabupaten itu sudah masuk ke daerah pemilihan (Dapil) II (Bluto, Saronggi, Lenteng, Giligenting). Tepatnya, Kecamatan Saronggi.

Komisioner KPU Sumenep Divisi SDM dan Permas Rofiqi Tanzil mengatakan,

Dapil 1 (Batuan, Kalianget, Talango dan Kota) sudah selesai malam sebelumnya. “Dapil 1 selesai tadi malam,” ujarnya, Jum’at (01/03/24).

Mantan jurnalis Karimata FM itu menambahkan, tidak ada target untuk menyelesaikan situngra. Rofiqi akan menyesuaikan situasi dan kondisi lapangan. Saat ini, masih dapil 2.

“Menyesuaikan sikon dalam dinamika rekap tingkat Kabupaten. Ini masih dapil 2,” paparnya.

Berbeda halnya dengan Situngra ditingkat KPU Pamekasan. Hingga 1 Maret 2024, belum melakukan situngra. Ketua KPU Halili mengaku perlu melakukan persiapan matang untuk melakukan Situngra di tingkat Kabupaten

“Perlu persiapan yang matang,” sergah Mr. Hans-sapaan akrab Halili via aplikasi WhatsApp, Jum’at (01/03/24).

Pria asal Pakong itu juga membantah situngra ditingkat Kabupaten dinilai telat. Aksi yang dilakukan sejumlah massa di kantor KPU dan Bawaslu seminggu terakhir diklaim tidak mempengaruhi situngra ditingkat Kabupaten.

“Tidak ada kaitannya sama sekali dengan aksi demonstrasi,” bantah alumnus Ponpes Banyuanyar tersebut.

Halili menambahkan, KPU Pamekasan akan melakukan situngra ditingkat Kabupaten mulai besok pagi. “Besok” katanya singkat.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Pamekasan lakukan demonstrasi di depan kantor Bawaslu Pamekasan, Selasa (27/2/2024) siang. Sebab, terdapat lima desa yang diharapkan agar dilaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) dan penghitungan suara ulang (PHU).

Kelima desa itu, Angsanah, Panaan, Palengaan Laok, Banyupelle, dan Palengaan Daja. Korlap Aksi sekaligus Sekretaris DPD PAN Pamekasan Heru Budi Prayitno mengatakan, demo tersebut karena terdapat lima desa terjadi pengelembungan suara luar biasa. Buktinya ia sudah berikan ke Bawaslu Pamekasan.

Pada Kamis (29/2/2024) siang, massa tandingan yang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Peduli Pemilu (AMPP) juga mendatangi Kantor KPU Pamekasan berlokasi di Jalan Brawijaya Indah, Kelurahan Jungcangcang, Kecamatan Pamekasan,.

AMPP malah memberikan dukungan kepada KPU Pamekasan supaya terus melaksanakan tahapan-tahapan Pemilu dengan baik. “Kami disini datang untuk menyerukan agar tahapan Pemilu 2024 bisa berjalan dengan damai. Kalau ada persoalan bisa diselesaikan secara prosedural,” papar Koordinator AMPP KH. Abd. Sattar. (azm/rd)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x