(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
x

Ratusan Desa di Bangkalan Belum Ajukan Pencairan DD Tahap 3

2 minutes reading
Tuesday, 7 Nov 2023 08:10 0 81 detektif_jatim

Bangkalan, Detektifjatim.com – Ratusan Desa di Kabupaten Bangkalan belum mengajukan pencairan Dana Desa (DD) tahap 3 tahun anggaran 2023. Padahan, saat ini sudah memasuki akhir tahun.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pemberdsyaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bangkalan, Rudiyanto mengatakan, hingga saat ini masih ada sekitar 70 dari jumlah total 273 desa di Bangkalan yang sudah mengajukan pencairan DD tahap 3.

“Untuk jumlah pastinya saya tidak hafal, tapi sudah ada sekitar 70 desa yang sudah mengajukan pencairan,” ujarnya, Selasa (07-11-2023).

Rudy menjelaskan, minimnya jumlah desa yang mengajukan pencairan DD tahap 3 itu kemungkinan karena realisasi DD tahap 2 masih belum mencapai target minimal pengajuan pencairan tahap selanjutnya.

“Kemungkinan penyerapannya masih minim, sehingga belum memenuhi target minimah serapan anggaran untuk mengajukan pencairan DD tahap selanjutnya,” katanya.

Pria yang juga menjabat Kepala Satpol-pp Bangkalan itu menghimbau kepada seluruh desa yang belum mengajukan pencairan agar segera melaksanakan programnya jika belum terealisasi, jika sudah segera lakukan pengajuan.

Sebab menurutnya, saat ini pengajuan pencairan DD sudah lebih mudah karena sudah bisa menggunakan aplikasi. Dengan begitu, aparatur desa tidak perlu bolak-balik ke kantor DPMD Bangkalan untuk melakukan pencairan.

“Pengajuannya juga sudah by aplikasi, jadi sudah lebih mudah.

Jangan sampai terjadi keterlambatan, karena realisasi dana desa itu hanya sampai akhir tahun. Kalau sudah ganti tahun maka akan menjadi silpa,” ucapnya. (San)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x