(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
x

Masuk Wilayah Rawan Banjir, BPBD Pamekasan Mulai Lakukan Mitigasi

2 minutes reading
Friday, 24 Nov 2023 12:09 0 59 detektif_jatim

Foto. Banjir Pamekasan Tahun 2022

Pamekasan, Detektifjatim.com – Memasuki musim penghujan tahun 2023, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim mulai lakukan pemetaan wilayah kategori rawan banjir, termasuk diantaranya Kabupaten Pamekasan.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris BPBD Pamekasan Akhmad Dhofir Rosidi menyampaikan, berdasarkan pemetaan dari BPBD Jatim tersebut pihaknya sudah melakukan langkah-langkah dini.

“Sehingga kami sudah mulai melakukan langkah-langkah mitigasi dini dengan terus berkoordinasi dengan BMKG Juanda berkaitan dengan perkiraan cuaca kedepan terutama pada puncak musim penghujan di Kabupaten Pamekasan,” katanya, Jumat (24/11/2023).

Akhmad Dhofir juga mengatakan, selain langkah-langkah mitigasi yang telah dilakukan, BPBD Pamekasan juga akan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat agar mempersipkan jika terjadi banjir.

“Beberapa kedepan kami akan melakukan rapat dengan lintas sektoral guna menghadapi bencana hidrometeorologi,” tambahnya.

Lebih lanjut, Akhmad Dhofir mengungkapkan beberapa wilayah di Kabupaten Pamekasan yang rawan banjir, seperti di Keluragan Patemon, kelurahan Parteker, Kelurahan Jun Cancang, Laden, Gladak Anyar, dan Jalmak.

“Tidak menutut kemungkinan pada beberapa desa lain juga terdampak banjir, seperti Barurambat Timur, Sumedangan, dan Lemper,” ungkapnya.

Menurut Akhmad Dhofir, Banjir seringkali terjadi tatkala sungai alami sedimentasi yang cukup tinggi sehingga air meluap, ditambah lagi tidak ada serapan di hulu.

“Namun, untuk mengantisipasi banjir tersebut kami sudah melakukan mitigasi, dan mempersipkan peralatan serta sudah berkoordinasi dengan BPBD Jatim berkaitan dengan logistik nantinya,” tutupnya. (Azm).

Pamekasan Darurat, BPBD Waspada Banjir ROB

Penutup Saluran Air Ngagel Dicuri, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi: Tangkap Pelakunya!

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x