(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
x

Bersama Membangun Generasi Qur’ani, SMPN 1 Sampang Gelar Khotmil Qur’an dan Imtihan Metode Ummi

2 minutes reading
Saturday, 27 Jan 2024 05:07 0 30 detektif_jatim

Sampang, Detektifjatim.com – UPTD Sekolah menengah pertama (SMP) Negeri 1 Sampang mengadakan kegiatan Khotmil Qur’an dan Imtihan Metode Ummi tingkat Tartil dan Tahfidz Juz 30, 29, 28, 1, 2, & 8.

Kegiatan dengan tema yang bertajuk “Bersama Membangun Generasi Qur’ani”, berlangsung pada Jumat malam (26/01/2024) bertempat di gedung PKPRI Trunojoyo jalan Rajawali Sampang Madura.

Hadir dalam kesempatan tersebut dari perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang, pengurus kordinator dari lembaga ummi fondation Surabaya, Perwakilan Ummi Fondation Kabupaten Sampang , dewan guru, Komite sekolah, Wali Murid, Serta undangan.

Sebelum memasuki tahapan khataman, para siswa menjalani munaqasyah dan serangkaian pembelajaran serta tanya jawab yang melibatkan pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan dan ketrampilan, juga evaluasi.

Kepala Sekolah SMPN 1 Sampang Teguh Suparyanto, MM, M.Pd dengan penuh semangat menyampaikan permohonan maaf karena acara yg seharusnya di laksanakan di bulan Nopember 2023, di undur di bulan Januari 2024 dikarenakan banyak kegiatan kegiatan lain yg tidak bisa ditunda.

Teguh, MM, M.Pd berharap “Agar Supaya Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Ummi ini bisa diperdakan dan diperbupkan, sehingga kegiatan ini menjadi kegiatan wajib, karena kami yakin nantinya akan melahirkan banyak generasi generasi Tahfidz Al-Qur’an di kabupaten Sampang ini”.

“Visi Metode Ummi adalah menjadi lembaga terdepan dalam melahirkan generasi Qur’ani. Metode itu tidak hanya diharapkan dapat mencetak hafidz-hafidz Alquran yang berkualitas, tetapi juga menjadi contoh bagi lembaga-lembaga dan sekolah lain dalam pengembangan pembelajaran Alquran yang mengutamakan kualitas dan kekuatan sistem”, lanjutnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Mohammad Imran dalam sambutannya mengatakan “Dinas pendidikan Kabupaten Sampang menganggarkan Foundasion Ummi di tahun 2023 sekitar 300 juta dan untuk tahun 2024 Dinas pendidikan menaikkan anggaran 100% sehingga menjadi 600 juta pertahun untuk kegiatan honor Ummi”.

“Karena Ummi Foundation sudah dilaksanakan oleh banyak kalangan sehingga kami dari dinas pendidikan untuk mengatakan itu tidak ragu-ragu lagi, jadi di tahun 2024 mudah-mudahan di tahun 2025 nanti kami bisa anggarkan lebih besar lagi dalam rangka peningkatan untuk Ummi yang ada di Kabupaten Sampang, mohon doanya mudah-mudahan terwujud” tegasnya.

Sementara Usawatun Hasanah dari perwakilan wali siswa menyampaikan testimoni Apresiasinya pada kegiatan ini, “kami sampaikan rasa hormat apresiasi luar biasa yang tak terhingga kepada kepala sekolah SMPN 1 Sampang beserta para guru yang telah memprogramkan extra kulikuler Ummi foundasion yang sangat berguna dan bermanfaat untuk menjadikan atau menyiapkan anak didik kita sejak dini senang dan gemar membaca Alqur’an dengan tekhnik tajwid yang benar dan ekstensi menuju Islam yang islami, Aamiin Allohumma Aamiin”. (Chay)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x