(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
x

Pemkot Probolinggo Siapkan Dana Rp2,9 Miliar Bangun Gedung Mapolsek Kedopok

2 minutes reading
Wednesday, 22 Mar 2023 00:39 0 57 detektif_jatim

PROBOLINGGO, DETEKTIF Jatim – Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo menyiapkan anggaran sekitar Rp2,9 Miliar, Rabu (22/03/23). Dana tersebut untuk membangun gedung markas polisi sektor (Mapolsek) Kedopok, Kota Probolinggo.

Usai membangun Mapolsek Kanigaran di jalan Citarum, Kelurahan Curahgrinting, tahun ini akan dibangun Mapolsek Kedopok. Lokasinya di jalan Serayu Kelurahan Jrebeng Kulon Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo. Untuk merealisasikannya, alokasi anggarannya cukup besar sekitar Rp 2,9 miliar dari APBD Kota Probolinggo tahun 2023.

Plt Kepala Badan Kesbangpol Kota Probolinggo, Titik Widayawati membenarkan rencana pembangunan Mapolsek Kedopok tahun ini. Melalui APBD 2023, telah dialokasikan anggaran sekitar Rp2,9 miliar untuk merealisasikannya.

“Tahun ini sudah disiapkan rencana pembangunan Mapolsek Kedopok. Lokasinya masuk di jalan Serayu Kelurahan Jrebeng Kulon, Kecamatan Kedopok. Anggaran pembangunannya melekat di Bakesbangpol,”ujar Titik Widayawati baru-baru ini (19/03/23).

Titik mengatakan, perencanaan pembangunan Mapolsek Kedopok itu sudah ada. Tinggal tahun ini merealisasikan pembangunan fisiknya. Ditargetkan, pembangunan mapolsek tersebut bisa rampung tahun ini.

”Jika review perencanaan sudah selesai, lansung diserahkan ke pengadaan barang dan jasa (PBJ) untuk persiapan tender. Ada pemenang langsung dikerjakan. Kami targetkan tahun ini selesai,” tandasnya.

Terkait pembangunan Mapolsek Kedopok, anggota Komisi III DPRD Kota Probolinggo Heri Poniman mengatakan, sudah mengetahui rencana pembangunan Mapolsek Kedopok. Pihaknya mendukung realisasi pembangunan tersebut. Karena sejatinya, di tiap kecamatan harus ada Polsek.

“Kami mengingatkan pembangunan Mapolsek agar selesai tahun ini dan tidak molor. Dengan adanya Polsek di tiap Kecamatan, akan lebih memudahkan koordinasi. Masyarakat pun tidak perlu jauh-jauh jika butuh pelayanan di kepolisian,”tuturnya.

Politisi Partai Gerindra ini, mengatakan pembangunan Mapolsek Kedopok bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang kini dinilai cukup tinggi.

“Pembangunan Mapolsek Kedopok memang sudah dicita-citakan sejak lama. Karena, seperti kita ketahui bersama wilayah hukum Polres Probolinggo Kota cukup luas. Tentu dengan kondisi seperti ini membutuhkan kedekatan kantor polisi di dalam kehidupan masyarakat guna memaksimalkan upaya penanganan pihak kepolisian,” terang Heri Poniman.

Tak hanya itu, Heri Poniman berharap setelah terbangunnya Mapolsek Kedopok Polres Probolinggo Kota bisa segera memenuhi Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana prasarananya. “Semakin cepat terealisasi, maka pelayanan terhadap masyarakat semakin maksimal,”katanya.

Berdasarkan catatan, Kota Probolinggo memiliki lima kecamatan dengan tiga Mapolsek yakni Mayangan, Kademangan, dan Wonoasih. Sedangkan dua kecamatan lainnya, Kanigaran dan Kedopok tidak memiliki Mapolsek.

Karena tidak memiliki Polsek sendiri, warga di Kecamatan Kanigaran dilayani Polsek Mayangan. Sementara warga di Kecamatan Kedopok dilayani Polsek Wonoasih.(*/rd).

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x