(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Friday, 14 Jun 2024
x

Terbagi 4 Kloter, 1.300 Jamaah Haji Asal Pamekasan Resmi Diberangkatkan

2 minutes reading
Tuesday, 11 Jun 2024 02:08 0 9 detektif_jatim

PAMEKASAN, Detektifjatim.com – Sebanyak 1.300 jamaah haji asal Kabupaten Pamekasan resmi diberangkatkan untuk menuju asrama haji Sukolilo Surabaya. Mereka kemudian akan menuju tanah suci Mekkah, Ahad (09/06/24).

Pemberangkatan itu dilakukan didepan Masjid Agung Asy-Syuhada Pamekasan. Dari banyaknya jumlah jamaah haji, jamaah terbagi menjadi 4 (empat) kloter. Kloter 103 menuju surabaya pada jam 03:00 WIB. Selanjutnya disusul kloter 104 pada jam 10:30 WIB.

Sementara jamaah haji kloter 105 pada jam 14:00 wib, kemudian kloter 106 pada pukul 17:00 yang merupakan jamaah kloter terakhir.

Penjabat (Pj) Bupati Pamekasan Masrukin menuturkan, keberangkatan jamaah haji diharapkan berjalan dengan lancar. Ia juga meminta agar jamaah tidak lepas dari ibadahnya meskipun melalui lantunan dzikir dalam hatinya.

Mantan Sekretaris Daerah itu menyebut kalau dari beberapa jamaah saat ini ada yang berumur 21 tahun hal itu merupakan jamaah paling muda, sementara paling tua ada di usia 101 tahun.

“Ada orang Pasean itu masih umur 21 tahun, dan yang 101 tahun itu orang Pegantenan, meski di usia yang tak muda lagi, saya yakin beliau bisa memantapkan ibadahnya di tanah suci nanti,” paparnya.

Masrukin menghimbau agara para jamaah untuk menjaga stamina, beliau juga berpesan agar saling mengingatkan dan saling membantu dalam kebaikan antar jamaah haji.

Semetara itu, Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Pamekasan Mawardi menyampaikan, pada pemberangkatan pertama terdapat 371 jamaah hal itu termasuk didalamnya para petugas.

Mawardi menghimbau agar para jamaah selalu menjaga kesehatan tubuhnya. Mengingat kondisi cuaca di Mekkah sangatlah panas, beliau berharap agar jamaah selalu mengikuti anjuran para tim medis dan selalu mengkonsumsi air agar terhindar dari dehidrasi.

“Saya harap jamaah bisa menjaga kesehatan agar ibadahnya lancar, disana suhunya sangat panas tidak seperti di Indonesia. Dan saya harap para jamaah kembali dengan utuh ke Pamekasan dan menjadi haji yang Mabrur,” tutupnya. (udi/rd).

Tes Urin Sopir Bus Jamaah Haji Pamekasan Nihil

IKMM Bakal Deklarasikan Sahabat Haji Her Maju Pilkada 2024

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x