x

Sering Terjadi Bencana, Polres Situbondo Apel Siaga Penanggulangan Bencana

2 minutes reading
Thursday, 2 Mar 2023 07:03 0 96 detektif_jatim

SITUBONDO, DETEKTIF Jatim – Kepolisian Resort (Polres) Situbondo Polda Jatim menggelar apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana yang diikuti oleh personel gabungan TNI, POLRI, Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo bersama LPBI PCNU, lintas agama dan elemen masyarakat, bertempat di halaman apel Mapolres Situbondo, Selasa (28/02/2023).

Hadir dalam apel tersebut, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H., Dandim 0823 Letkol Inf Bayu Anjas Asmoro, S.E., Sekdakab Situbondo, Wawan Setiawan, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Negeri (Kejari) Situbondo Achmad Rasjid, S.H., Kepala Rutan Rudi Kristiawan, A.Md.IP., S.Sos., S.H., M.Si., Ketua Senkom dan Ketua PMI.

Juga dihadiri oleh tokoh agama, Ketua Tanfidziyah PCNU DR. KH. Muhyiddin Khatib, M.H.I dan Ketua MUI Drs. Habib Muhammad Bin Abubakar Al Muhdar, M.Pd serta jajaran OPD Kabupaten Situbondo.

Sekdakab Situbondo, Wawan Setiawan selaku pimpinan apel mewakili Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan, bahwa Kabupaten Situbondo adalah kawasan yang rawan terhadap bencana alam antara lain bencana alam, non alam dan bencana dari ulah manusia.

Akhir-akhir ini Situbondo sering terjadi bencana alam seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung, banjir rob dan pohon tumbang yang terjadi di wilayah Kecamatan Sumbermalang, Jatibanteng, Panarukan, Panji, Mangaran, Jangkar dan Banyuputih.

Baca Juga : Kapolres Gresik Desak Jajaran Polres Tegas Kepada Debt Collector

” Maksud dan tujuan dari dilaksanakan apel kali ini adalah untuk memberikan gambaran akan dampak bencana, melaksanakan pengecekan unsur – unsur yang ikut berpartisipasi dalam menanggulangi bencana serta meningkatkan kesiapsiagaan, “papar Sekda.

Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi pada kesempatan tersebut mengatakan, bahwa apel gabungan yang diikuti oleh seluruh stake holder dan elemen masyarakat adalah untuk kesiapsiagaan mengantisipasi dalam menghadapi bencana.

Kata Kapolres, kesiapan ini meliputi, kesiapan personel, kesiapan sarana, ataupun kesiapan prasarana, serta kesiapan dukungan logistik lainnya.

” Kesiapsiagaan terhadap bencana alam tentunya pasti akan melibatkan semua pihak, baik dari pemerintahan, maupun masyarakat itu sendiri, ” terang Kapolres Situbondo.

Rangkaian apel itu diakhiri dengan pemeriksaan perlengkapan, personel dan kendaraan yang siap digunakan oleh masing-masing instansi dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana Alam di wilayah Kabupaten Situbondo.

Sumber: Harian Pagi Memo X

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x