(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Monday, 17 Jun 2024
x

DLH Pamekasan Target Miliki Pusat Rumah Kompos

2 minutes reading
Thursday, 11 May 2023 05:34 0 90 detektif_jatim

Pamekasan, Detektifjatim.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan berambisi memiliki pusat rumah kompos di Pamekasan, Kamis (11/05/23). DLH menargetkan bangunan rumah kompos bisa digunakan tahun 2023.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan Supriyanto mengatakan, di perumahan graha kencana terdapat bangunan yang dulu dibangun untuk pengelolaan sampah. Hanya saja, sampai saat ini kondisinya belum bisa difungsikan.

“Untuk itu saya mencoba nanti mungkin bangunan itu kita gunakan untuk rumah kompos. Karena kalau bangunan itu nanti digunakan untuk TPS3R khawatir ada penolakan penolakan,” katanya.

Pri-sapaan akrabnya- mengatakan, fungsi pusat rumah kompos itu nantinya memanfaatkan daun-daun hasil pemangkasan dan sebagainya. Hasil pemangkasan daun-daun itu bisa dikelola dengan baik untuk bisa dijadikan gas dengan teknologi yang ada.

“Di TPS3R sudah ada pengelolaan sampah menjadi kompos. Tapi masih belum maksimal. Oleh karena itu ketimbang bangunan itu nganggur saya pikir bahwa itu lebih bagus dimanfaatkan khusus untuk kompos,” ujarnya.

Mantan Plt Kepala DPMPTSP dan Naker itu menambahkan, bangunan di rumah kompos itu sudah ada. Tinggal nanti memperbaiki kerusakan-kerusakan, membeli mesin untuk alat pengolah bahan menjadi kompos.

“Kami pikirkan nanti untuk dilakukan perbaikan. Karena di Pamekasan ini kan belum ada rumah kompos yang memang betul-betul memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Mantan Kabag Humas dan Protokol Setda Pamekasan itu berharap, rencana tersebut terealisasi tahun 2023. Perencaan itu bisa melalui perubahan anggaran keuangan (PAK).

“Mudah-mudahan barangkali di PAK tahun ini (2023). Kalau tidak bisa, nanti di tahun depan,” harapnya. (*/rd)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x