(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
x

Bupati Sumenep Ngotot Reaktivasi Rel Kerata Api Madura

2 minutes reading
Friday, 17 Feb 2023 00:56 0 71 detektif_jatim

SUMEMEP, DETEKTIF Jatim – Bupati Sumenep Ahmad Fauzi ngotot mengaktifkan kembali atau reaktivasi jalur kereta api Madura, selama sebulan terakhir. Niat baik itu digaungkan Bupati agar mendapat dukungan dari banyak pihak.

Dukungan itu diharapkan datang dari pemerintah pusat, pengusaha dan semua pemangku kepentingan. Kengototan politisi PDI Perjuangan itu disebab, reaktivasi jalur kereta api Madura dinilai mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat di pulau garam.

“Dengan raktivasi rel kereta api akan ada pemangkasan waktu. Dalam perputaran komoditas dengan sendirinya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Madura,” kata Fauzi dalam sambutannya dihadapan Menteri Keuangan dan Menkopolhukam Mahfudz MD, Jum’at (03/02/23)

Fauzi mengaku sudah bersurat kepada presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo Jokowi. Dia berharap Menteri Keuangan Sri Mulyani serta Menko Polhukam Mahfud MD yang juga hadir dalam acara bisa membantu menyampaikan keinginan masyarakat Madura ke Jokowi

Baca Juga : Legislator Daulat Bupati Sampang Bapak Pembangunan

“Kami sudah bersurat kepada Presiden dengan mengajak Bupati lain se Madura. Ini ingin saya sampaikan ke Bu menteri dan pak Menteri untuk mungkin diperjuangkan. Disampaikan kepada Pak presiden,” jelasnya

Sementara itu, Ketua Umum Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Jawa Timur Muhammad Supriyadi sangat mendukung langkah Bupati Sumenep. Supriyadi menilai kalangan pengusaha mendukung usaha Bupati Sumenep yang menginginkan jalur kereta api dihidupkan lagi.

Baca Juga : Dump Truck Bermuatan Serabut Kelapa, Terbakar Di Lingkungan Sukowidi, Banyuwangi

“Reaktivasi jalur kereta api Madura memiliki banyak manfaat untuk masyarakat. Apalagi mobilitas masyarakat Madura sangat tinggi. Sehingga kepadatan lalu lintas tidak bisa dihindari,” kata Supriyadi

Untuk itu, Supriyadi meminta seluruh pihak ikut mendukung perjuangan Bupati Sumenep Ahmad Fauzi yang terus meminta pemerintah pusat mereaktivasi jalur kereta Madura.

“Semua elemen masyarakat mulai dari para ulama, tokoh masyarakat, semua kepala daerah Madura harus bersama-sama mengawal reaktivasi rel kereta api. Demi terwujudnya konektivitas dan kemajuan Madura. Saatnya kita songsong kemajuan Madura dengan tetap berpegang teguh pada kearifan lokal,” kata pengusaha asal pulau garam itu

Baca Juga : Anggaran 2023 Nol, Pilkades Serentak Pamekasan Zonk

Menurut Supriyadi pengaktifan kembali jalur kereta api menjadi opsi terbaik ketika rencana pembangunan jalur tol Madura urung terealisasi. Saat masih beroperasi, jalur kereta api sepanjang 225 KM itu menghubungkan 4 kabupaten di pulau Madura mulai dari Kabupaten Bangkalan Sampang Pamekasan hingga Sumenep.

“Reaktivasi jalur kereta Madura akan menjadi turning point bagi pertumbuhan ekonomi di wilayah Madura. Kemiskinan yang telah menjerat pulau garam selama bertahun-tahun akan mampu dilepaskan jika memerintah pusat menghidupkan kembali jalur kereta di Madura,” pungkasnya.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x