(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Monday, 24 Jun 2024
x

Wisata Somber Rajeh, Upaya Pemdes Rombiya Timur Kurangi Pengangguran, Tingkatkan Perekonomian

1 minutes reading
Thursday, 23 May 2024 23:10 0 36 detektif_jatim

SUMENEP, detektifjatim.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Rombiya Timur, Kecamatan Ganding,  mempunyai inisiasi kreatif dalam upaya memajukan ekonomi masyarakatnya. Targetnya, mengurangi pengangguran.

Caranya, dengan membuat wisata baru bernama Somber Rajeh. Cara yang dilakukan Pemdes tersebut memanfaatkan lahan milik desa disulap menjadi tempat yang sekarang banyak dikunjungi para wisatawan itu.

Pengelola wisata Somber Rajeh Yusji menjelaskan, tujuan dibuatnya wisata ini adalah ingin memakmurkan masyarakat Desa Rombiya Timur. Pemuda yang juga Ketua BumDes Rombiya Timur itu mengaku pihaknya membantu mempekerjakan masyarakat dan menjalin kerjasama dengan mereka.

“Cuma modal nekat sih, sambil lalu belajar. Langsung kami terjun membangun usaha yang sekiranya bisa dirintis di Rombiya timur” bebernya saat diwawancarai, Kamis, (23/5/2024).

Di tempat yang sama, Suami Kepala Desa Rombiya Timur Nayah mengaku awalnya lahan yang dibangun wisata adalah tanah gersang. Kemudian dibangun hanya selama 1 bulan sebelum akhirnya dilaunching tahun 2023 lalu.

Mantan Kepala Desa Rombiya Timur itu, mengaku para pekerjanya mayoritas adalah warga setempat. Disamping ada sebagian yang mendatangkan orang luar desa yang memang ahli dalam mendesign wisata.

Ia menjelaskan bahwa ingin menyediakan lahan pekerjaan di desanya tersebut. Harapanya dengan dibangunnya wisata ini, nanti bisa mengurangi pengangguran masyarakat.

“Untuk mengurangi pengangguran, inginnya desa mau maju. Paling tidak menyediakan lapangan kerja,” jelasnya. (vhi/rd)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x