(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
x

Pemkab Bangkalan Akan Gelar Pilkades Gelombang II & III Tahun ini

2 minutes reading
Tuesday, 14 Mar 2023 06:21 0 91 detektif_jatim

BANGKALAN, DETEKTIF Jatim – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan berencana menggelar Pilkades serentak gelombang II dan III sekaligus tahun ini. Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang II akan digelar lebih awal yaitu pada tanggal 03 Mei 2023 mendatang.

Sedangkan Pilkades serentak gelombang III tahapannya bisa digelar antara Mei atau Juni 2023 mendatang. Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bangkalan Rudiyanto mengatakan, ada sebanyak 13 desa akan melaksanakan Pilkades serentak gelombang III.

“Pilkades serentak gelombang III memang direncanakan akan digelar tahun ini,” ungkapnya saat dihubungi melalui telepon, Selasa (14-03-2023).

Rudy menjelaskan, masa jabatan di 13 desa itu akan habis pada tanggal 14 Desember 2023 mendatang, namun surat dari Kemendagri mengamanatkan pilkades harus digelar sebelum tanggal 1 November tahun 2023.

“Jadi kita upayakan sebelum 1 November Pilkades serentak gelombang III sudah dilaksanakan,” jelasnya.

Sementara terkait jadwal pelaksanaan Pilkades gelombang III itu, Rudy belum bisa memastikan tanggalnya. Namun jika dihitung dari habisnya masa jabatan kepala desa, tahapan persiapan bisa dimulai sekitar bulan Juni.

“Sesuai aturan, 6 bulan sebelum masa jabatan habis, tahapan persiapan sudah harus dimulai. Jadi kalau ditarik mundur dari tanggal 14 Desember, maka tahapan bisa dimulai bulan Mei atau Juni,” katanya.

Selain itu Rudy juga mengatakan, pemerintah daerah sudah menyiapkan anggaran sekitar Rp 1,3 miliar untuk pelaksanaan Pilkades gelembung III itu, sehingga hanya tinggal menyusun jadwalnya saja.

“Pilkades ini sudah menjadi kegiatan yang akan dilaksanakan tahun ini, jadi tinggal kita susun saja jadwalnya,” ucapnya. (San/Rd)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x