(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
x

Ratusan Kepala Sekolah di Bangkalan Dijabat Plt, Legislatif; Harus Segera Diselesaikan

2 minutes reading
Tuesday, 21 Nov 2023 09:35 0 72 detektif_jatim

Bangkalan, Detektifjatim.com – Ratusan sekolah di Kabupaten Bangkalan jabatan kepala sekolahnya dijabat oleh Pelaksana tugas (Plt). Tak tanggung-tanggung, seorang kepala sekolah disebut menjabat Plt 2 sampai 3 sekolah sekaligus.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Komisi D DPRD Bangkalan, Nur Hasan. Menurutnya, kekosongan kepala sekolah itu merupakan masalah klasik di Bangkalan, sebab hal itu sudah terjadi sejak beberapa tahun terakhir.

“Dalam beberapa bulan terakhir ini yang kami hitung sudah ada 248 sekolah yang kepala sekolahnya dijabat Plt. Mungkin sekarang sudah sampai 260 sekolah,” ujarnya saat diwawancarai, Selasa (21-11-2023).

Nur Hasan menjelaskan, banyaknya kekosongan kepala sekolah tersebut merupakan dampak dari perubahan peraturan dan adanya pandemi Covid-19.

Dalam peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan (Permendikbud) nomor 40 tahun 2021, lanjut dia, untuk bisa menjabat sebagai kepala sekolah harus memiliki sertifikat calon kepala sekolah (cakep). Sedangkan dalam aturan lainnya jika tidak ada sertifikat cakep, maka bisa diisi oleh guru penggerak.

“Saat peraturan itu berlaku tahun 2021, kita sedang dihadapkan dengan pandemi Covid-19, sehingga tidak bisa menganggarkan. Setelah itu ada aturan baru kalau tidak ada sertifikat cakep, maka bisa diisi oleh guru penggerak tapi masalahnya pada saat itu kita tidak punya Bupati definitif, dan kalau bukan Bupati definitif tidak bisa mengeluarkan SK dan harus mendapat rekomendasi dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN),”jelasnya.

Nur Hasan mengaku, pihaknya bersama Dinas Pendidikan Bangkalan sudah mengusulkan pada saat Bupati dijabat Plt, namun usulan tersebut tak kunjung turun rekomendasinya hingga Bupati dijabat oleh Pj. Sementara rekomendasi itu ada masa kadaluarsanya, dan setelah Bupati dijabat Pj, maka harus diperbarui lagi rekomendasinya dan sampai sekarang belum turun.

“Kita usulkan 180 calon kepala sekolah untuk SD, 16 untuk SMP dan 1 untuk TK,” katanya.

Uuntuk itu, Nur Hasan meminta Pj Bupati Bangkalan melalui Dinas Pendidikan Bangkalan agar segera menyelesaikan permasalahan tersebut. Sebab masalah kekosongan kepala sekolah itu sudah sangat darurat.

“Ini darurat di Bangkalan, karena ini mulai dari beberapa tahun lalu.
Oleh karena itu kami memohon kepada Pj agar segera menyelesaikan masalah ini. Karena rekomendasinya ini harus dari BKN,” ucapnya. (San)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x