(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
x

Pemdes Laden Edukasi Masyarakat dengan TPS3R dan Jemput Sampah ke Rumah

2 minutes reading
Wednesday, 21 Jun 2023 04:41 0 69 detektif_jatim

Pamekasan, Detektifjatim.com – Pembuangan sampah secara liar di jalan Trunojoyo, Desa Laden, Kecamatan Pamekasan membuat pemerintah Desa setempat geram. Sebab, hal tersebut mengakibatkan jalan bau dan tidak nyaman dipandang.

Meski sudah disediakan tempat pengelolaan sampah reuse, reduce, dan recycle (TPS3R) oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pamekasan, hal tersebut masih belum menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Kepala Desa (Kades) Laden  Kecamatan Pamekasan Alimuddin, menyayangkan adanya pembuangan sampah secar liar tersebut. Menurutnya, pemerintah Desa sudah bekerja sama dengan DLH yakni dengan disediakannya TPS3R agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan.

“Di Desa kami, Laden sudah disediakan TPS3R dan itu fasilitas dari pemerintah untuk desa agar masyarakat tidak sembarangan membuang sampah. Dan untuk sampah yang ada di rumah-rumah sudah kami lakukan mengambilan sampahnya setiap hari melalui
kendaraan yang sudah ada,” ungkapnya, Senin (05/06/23).

Mantan Tentara Negara Indonesia (TNI) itu berharap agar masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan dan memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan. Dia menghimbau untuk tidak sembarangan membuang sampah dan selalu menjaga lingkungan agar sehat.

“Saya berharap masyarakat khususnya warga Desa Laden jangan lagi membuang sampah sembarangan,” tambahnya.

Senada dengan itu, Akhmadi selaku petugas pengawas penyapu jalan DLH Pamekasan menyayangkan adanya pembuangan sampah masyarakat nakal.

“Sebenarnya kami sudah mengupayakan dengan memfasilitasi Desa setempat agar masyarakat tidak sembarangan membuang sampah. Hanya saja masyarakat sendiri yang tidak tahu aturan,” ujarnya.

Sangat disayangkan, kata Akhmadi, upaya Pemerintah yang sudah memberikan fasilitas agar dimanfaatkan masyarakat. Dia menyarankan agar Desa lain yang belum mendapatkan TPS3R agar bekerjasama dengan Desa setempat.

“Untuk TPS3R yang di Desa Laden itu sudah ada. Dan jika sampah itu bukan dari Desa Laden sendiri DLH menyarankan agar Desa lain kordinasi dan bekerja sama dengan desa setempat yang sudah punya TPS3R,” tandasnya. (Udi/rd)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x