(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Friday, 14 Jun 2024
x

Puluhan Sekolah di Bangkalan Tanpa Kasek, Lebel Favorit Non Favorit Sebabkan Ketimpangan Pendidikan

2 minutes reading
Monday, 27 May 2024 13:21 0 20 detektif_jatim

BANGKALAN, detektifjatim.com – Puluhan sekolah di Bangkalan tanpa Kepala Sekolah (Kasek), Senin (27-05-2024). Jumlahnya mencapai 70 jabatan dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Data tersebut diungkap Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan Arief M Edie saat melantik 79 kepala sekolah hari ini, Senin (27-05-2024). Dalam sambutannya, Pj Bupati menyebut jabatan kepala sekolah yang masih kosong sebanyak 70 jabatan.

Meski begitu, dia mengaku pihaknya sudah mengusulkan ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN) untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut.

“Kami sudah ajukan ke BKN. Namun masih menunggu karena prosesnya masih berlangsung. Jadi tidak bisa asal pindah,” ujarnya.

Arief menegaskan, tugas kepala sekolah tidak hanya memanajemen sekolah saja. Melainkan  bertindak sebagai guru dan tenaga pendidik yang menjamin kualitas proses belajar mengajar dengan baik serta meningkatkan kualitas SDM pada anak didiknya.

“Kepala sekolah harus menjadi contoh dan panutan bagi guru dan siswanya,” katanya.

Selain itu, Pj Bupati juga menyinggung terkait ketimpangan pendidikan di Bangkalan. Menurutnya, sampai saat ini sebaran siswa di setiap sekolah tidak merata, hal itu disebabkan adanya pelebelan sekolah favorit dan tidak favorit.

Tidak ada sekolah favorit, semua sekolah dan guru memiliki tugas dan fungsi yang sama yakni memberikan dan membangun kualitas dan mutu pendidikan yang baik.

“Banyak sekolah yang kekurangan murid dan guru karena bertumpuk di kota dan adanya sekolah-sekolah yang diklaim sebagai sekolah favorit. Saya tidak ingin ada hal seperti ini. Jika ada sekolah-sekolah yang dinyatakan sebagai sekolah favorit akan saya pindah guru-gurunya ke sekolah yang katanya tidak favorit,” tegasnya

Dalam acara itu, Pj Bupati melantik 79 Kepala sekolah. Mereka terdiri dari 2 kepala sekolah tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD), 75 Kepala sekolah tingkat SD dan 2 kepala sekolah SMP. (san/rd)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x