(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
x

PC PMII Probolinggo Curigai Survei Kepercayaan Polri Pencitraan

2 minutes reading
Thursday, 30 Mar 2023 13:46 0 113 detektif_jatim

PROBOLINGGO, DETEKTIF Jatim– Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Probolinggo mencurigai survei tersebut hanya untuk meningkatkan citra dari lembaga Kepolisian. Hasil survei tersebut tidak sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan.

Ketua Umum PMII Cabang Probolinggo M. Abu Rizal Hakim mengatakan, persoalan di tubuh polri masih belum kunjung teratasi. Misalnya, belum tuntasnya kejadian Kanjuruhan Malang dan banyaknya pelanggaran kode etik kepolisian

“Survei tersebut hanya untuk meningkatkan citra dari lembaga Kepolisian. Namun tidak sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan, persoalan di tubuh polri masih belum kunjung teratasi,” tandasnya.

Rizal menyebut, publik dibuat geram, atas tindakan oknum polri yang sudah melanggar etika kepolisian, yang seharusnya memberikan contoh baik malah sebaliknya.

Seharusnya, lanjut Rizal, pihak kepolisian harus melakukan pembenahan di dalam tubuh polri dengan tetap melihat partisipasi masyarakat secara terbuka.

“Melakukan pembenahan di dalam tubuh polri itu sendiri adalah suatu kewajiban sebagai lembaga negara. Akan tetapi itu dilakukan secara terukur dan terbuka sesuai dengan peraturan yang berlaku pada instansi Kepolisian,” pungkasnya.

Sebelumnya, kata Rizal, survei indikator politik memperlihatkan bahwa, tingkat kepercayaan terhadap lembaga kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) meningkat hingga 70,8 persen, per Februari 2023.

Angka itu terus mengalami peningkatan dalam beberapa bulan terkahir berdasarkan hasil survei terbaru Indikator Politik. Padahal, sebelumnya, rasa kepercayaan publik terhadap lembaga kepolisian sangat menurun.

Hal itu bukan tanpa sebab, karena masih banyak berbagai kasus yang ada dalam tubuh polri. Seperti polri masih belum menuntaskan kejadian Kanjuruhan dan banyaknya pelanggaran kode etik kepolisian yang merambah dalam tubuh instansi Polri.

“Banyak pelbagai persoalan yang dilakukan oleh oknum Polri yan membuat kecewa masyarakat,” pungkasnya. (*/Rd)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x