x

DLH Pamekasan Kelola Sampah Jadi Kompos, Sulap Kompos Jadi Pupuk

1 minutes reading
Saturday, 23 Dec 2023 05:42 0 29 detektif_jatim

PAMEKASAN, detektifjatim.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan mengelola sampah menjadi kompos, di tempat pembuangan akhir (TPA) Angsanah, Desa Samatan, Kecamatan Proppo, Sabtu (23/12/2023).

Lalu, sampah yang sudah menjadi kompos dijadikan pupuk untuk menghidupi lahan pertanian warga. Terutama untuk tanaman area TPA.

Kepala DLH Pamekasan Supriyanto mengatakan kompos yang sudah menjadi pupuk akan menghemat biaya dan pengeluaran pribadi. Kasarannya, kata Pri-sapaan akrabnya-memanfaatkan barang bekas seperti sampah menjadi eknomis

“Dengan mengelola sampah menjadi kompos. Kompos menjadi pupuk tidak perlu membeli organik yang beredar di pasaran,” kata dia.

Mantan Kabag Humas dan Protokol Setkab Pamekasan itu dengan keberhasilan memanfaatkan sampah menjadi kompos hingga menjadi pupuk membuat banyak masyarakat yang ingin belajar. Salah satunya TK Al-Ibroh Kelurahan Patemon, antusias belajar pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Angsanah Pamekasan

“Mereka sangat antusias untuk belajar meskipun masih anak-anak,” ujarnya

DLH Pamekasan memberikan cenderamata berupa standing banner kepada TK Al-Ibroh Kelurahan Patemon. Itu sebagai bentuk apresiasi terhadap kepedulian sekolah terhadap lingkungan.

Ke depan, TK Al-Ibroh Kelurahan Patemon berencana melakukan memorandum of understanding (MoU) dengan DLH Pamekasan.

Yakni, sebagai bentuk keseriusan sekolah perihal pembelajaran persampahan dan pengomposan yang ada di TPA Angsanah.

”Jadi, siswa lebih mudah mengenali macam-macam dan jenis sampah serta pengolahannya,” ujarnya. (*/rd)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x