(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Tuesday, 21 May 2024
x

Histeris! Jagung Gagal Panen Diserang Monyet, Petani di Sumenep Berharap Jalan Keluar dari Pemerintah

1 minutes reading
Wednesday, 15 May 2024 08:47 0 13 detektif_jatim

SUMENEP, Detektifjatim.com – Warga Dusun Perigi Barat, Gadu Barat, Ganding, Sumenep histeris, Selasa (14/05/24). Pasalnya, jagung yang masih belum mencapai masa panen tersebut diserang oleh gerombolan monyet sampai tak tersisa.

Penelusuran detektifjatim.com ke lokasi, Bu Hairi (56) sebagai salah satu korban menangis histeris dengan kondisi lahan tersisa bonggol jagung dan berantakan.

“Kami hanya rakyat kecil cong, memang harga jagung tidak seberapa tapi merupakan sumber penghidupan kami, sesak dada ketika habis tak tersisa, mau makan apa kami” ucapnya.

Tidak hanya lahan tani Bu Hairi, sejumlah petani juga mengeluhkan hal yang sama karena geografis Dusun Perigi Barat yang masih didominasi oleh persawahan dan alam liar sehingga memudahkan monyet merusak tanaman.

“Ini sudah menjadi masalah sejak puluhan tahun, panen harus dijaga 24 jam, lengan sedikit ludes dirusak monyet, tapi kan tidak mungkin kita di sawah setiap waktu” ucap Suhriya (58), salah satu petani.

Masyarakat Perigi Barat berharap bantuan jalan keluar dari pemerintah setempat karena bercocok tanam adalah mata pencaharian utama.

“Semoga ada bantuan jalan keluar dari pemerintah, susah rakyat kecil seperti kami untuk cari makan cong” pungkas Suhriya. (Lia/rd)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x