x

Heboh! Video Pengobatan Ida Dayak Mencuri Perhatian di Madura

2 minutes reading
Thursday, 18 May 2023 04:14 0 170 detektif_jatim

Pamekasan, Detektifjatim.com – Sebuah video menarik perhatian warganet dan menjadi viral di media sosial. Video tersebut menampilkan Ida Dayak, seorang dukun pengobatan dari suku Dayak, yang konon mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Keahliannya dalam pengobatan ini membuat Ida Dayak menjadi sorotan, terutama di grup WhatsApp.

Dilaporkan bahwa Ida Dayak baru-baru ini mengobati salah satu tokoh terkenal dan beberapa warga di Desa Tlanakan, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, Jawa Timur. Aktivitas pengobatannya dilakukan secara tertutup, dengan alasan agar tidak terlalu ramai sehingga Ida Dayak dapat memberikan perhatian yang maksimal kepada pasien-pasiennya.

Pengobatan tersebut dilaksanakan di rumah H. Kali pada Rabu pagi, 17 Mei 2023. Video dan foto Ida Dayak yang sedang melakukan pengobatan sengaja diunggah setelah Ida Dayak kembali ke Kalimantan Timur.

Ida Dayak, yang sebenarnya bernama Ida Andriyani, dilahirkan di Pasir Belengkong, Kabupaten Passer, Kalimantan Timur pada Juli 1972. Nama “Dayak” melekat pada panggilannya karena Ida sering mengenakan pakaian adat suku Dayak ketika melakukan pengobatan.

 

Selain pakaian adat, Ida Dayak bahkan menggunakan aksesoris kepala khas masyarakat Dayak. Dalam sesi pengobatan, Ida Dayak biasanya memulainya dengan membaca kalimat tauhid “Lailahaillallah” dan basmalah.

Keahlian Ida Dayak dalam dunia pengobatan tradisional ini patut mendapatkan apresiasi. Meskipun ada beberapa yang meragukannya, banyak juga yang mengaku merasa terbantu dan sembuh setelah menjalani pengobatan dengan Ida Dayak. Kini, ia semakin terkenal dan diakui sebagai salah satu dukun pengobatan yang memiliki keistimewaan tersendiri. (vick)

 

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x