x

Pulau Madura, Surga Tersembunyi di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi!

5 minutes reading
Wednesday, 26 Apr 2023 05:40 0 301 detektif_jatim

Detektif Jatim – Madura adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah timur Jawa, dengan luas wilayah sekitar 5.000 km². Meskipun pulau ini kecil, Madura memiliki banyak potensi wisata yang menarik dan eksotis. Selain kebudayaannya yang khas dan kuliner khasnya yang terkenal, Madura juga memiliki keindahan alam yang luar biasa. Pulau ini terkenal dengan pantai-pantainya yang indah dengan pasir putih yang halus dan air laut yang jernih, serta ombak yang besar yang cocok untuk para peselancar.

Selain pantai, Madura juga memiliki banyak pulau kecil yang menakjubkan dengan terumbu karang yang indah dan berbagai jenis satwa yang langka, seperti burung elang dan kera ekor panjang. Anda juga dapat menemukan banyak hutan tropis yang menyegarkan di Madura, seperti Hutan Pulau Giligenting dan Hutan Taman Nasional Alas Purwo. Di samping itu, Madura juga memiliki beberapa bukit dan gunung yang menawarkan pemandangan indah dari atas seperti Bukit Jaddih, Bukit Kapur, dan Gunung Tlanakan.

Bagi Anda yang ingin merasakan keunikan budaya Madura, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata budaya, seperti Museum Karapan Sapi, Kampung Batik Kamal, dan Keraton Sumenep. Di sini, Anda bisa mengetahui lebih lanjut tentang kebudayaan Madura dan mengenal masyarakat Madura yang ramah dan welcoming.

Berikut adalah 10 rekomendasi wisata di Madura yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati keindahan dan keunikan pulau ini:

1. Gili Labak

Gili Labak (Madura: Ghili Labâ’ ; Péghu: ڬْيلي لاباْء) adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah tenggara Pulau Puteran atau Pulau Madura. Secara administratif, pulau ini terletak di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Ibu kota kecamatan Talango berada di Pulau Puteran.

2. Pantai Sembilan

Pantai Sembilan memiliki keindahan alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih membuat pantai ini cocok untuk berenang dan bersantai. Selain itu, sembilan buah batu karang yang tersebar di sepanjang pantai menambah keindahan dan daya tarik pantai ini. Anda dapat berjalan-jalan di sepanjang pantai dan menikmati keindahan alam yang menyejukkan mata.

Pantai sembilan sendiri terletak di Jalan Raya Bringsang, Bringsang, Giligenteng, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

3. Museum Keraton Sumenep

Sebuah museum umum yang beralamat di Jalan Dr. Sutomo Nomor 6, Lingkungan Delama, Pajagalan, Kota sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Museum Keraton Sumenep mengoleksi peninggalan-peninggalan yang berkaitan dengan Keraton Sumenep. Bangunan museum merupakan Keraton Sumenep yang berada di Jawa Timur.

4. Boekit Tinggi

Boekit Tinggi Sumenep, sebuah obyek wisata yang terletak di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Bukit Tinggi Sumenep terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri dan terjaga dengan baik, dengan pemandangan hamparan perkebunan kelapa dan sawah yang hijau dan luas. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah dari atas bukit, serta melakukan aktivitas lain seperti bermain layang-layang, bersepeda, atau berjalan-jalan santai. Di atas bukit juga terdapat beberapa warung makan yang menyajikan makanan khas Madura yang lezat dan segar. Bukit Tinggi Sumenep dapat dicapai dengan kendaraan pribadi atau umum, dan sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam yang masih asri dan segar di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Boekit Tinggi beralamatkan di Billa Tompok, Daramesta, Kec. Lenteng, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

5. Goa Soekarno

Goa Soekarno Sumenep adalah sebuah obyek wisata yang memiliki nilai sejarah yang penting. Goa ini terletak di daerah pegunungan dan berada di ketinggian sekitar 450 meter di atas permukaan laut. Meskipun perjalanan menuju ke goa ini cukup menantang, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah sepanjang perjalanan.

Goa Soekarno terletak di Benteng Utara, Panaongan, Kec. Pasongsongan, Kabupaten Sumenep

6. Toron Samalem

Dikenal dengan keindahan alamnya yang sangat instagramble. Setiap harinya, banyak wisatawan berkunjung, baik wisatawan lokal maupun luar daerah.

Konon, lokasi ini oleh warga setempat dipercayai sebagai tempat bersejarah, sebab lokasi ini merupakan salah satu tempat semedi Potre Koneng, seorang putri cantik keturunan Raja Sumenep abad ke-13, yang tak lain ibunda Jokotole.

Toron Samalem terletak di Blumbungan, Kec. Larangan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur

7. Puncak Ratu

Puncak Ratu Pamekasan ini sudah didatangi banyak sekali pengunjung, terlebih pada saat musim liburan tiba. Destinasi wisata yang instagramable di Pamekasan tersebut lokasinya berada di ketinggian sekitar 200 meter, sehingga landscape kota Pamekasan dari atas sini begitu kelihatan jelas.

Selain pemandangan alam yang luar biasa menawan serta udara yang sejuk, di Puncak Ratu Pamekasan ini juga terdapat sejumlah spot foto keren yang disiapkan oleh pengelola. Sejumlah spot foto yang dimaksud ini adalah gardu pandang yang membuat foto selfiemu makin kece, serta ada juga spot berupa gerbang berbentuk hati dengan view pepohonan rindang sebagai backgroundnya.

Puncak Ratu terletak Tebul Barat, Kec. Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur

8. Air Terjun Toroan

Air Terjun ini tidak hanya cantik, tapi juga unik. Tidak banyak air terjun yang langsung menuju laut seperti ini. Di Indonesia sendiri air terjun yang punya keunikan sama dengan objek wisata ini ada di Sumatera Utara yaitu Air Terjun Mursala.

Wisata Air terjun toroan terletak Talabang, Ketapang Daya, Kec. Ketapang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur

9. Bukit Jaddih

Bukit Jaddih dengan pesona batuan kapur instagenic dari aktivitas tambang di Bangkalan menyuguhkan spot menarik didalamnya. Tempat piknik di Bangkalan satu ini cocok untuk anda kunjungi saat akhir pekan dengan aktivitas hunting foto.

Alamatnya ada di Jakan, Parseh, Kec. Socah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur

10. Pantai Lombang

Pantai yang terletak di kabupaten Sumenep, Madura. Pantai ini tepatnya terletak di sebelah timur Sumenep, kira-kira 25 km dari Kota Sumenep tepatnya di Kecamatan Batang-Batang. Pantai Lombang merupakan salah satu wisata alam unggulan di Bumi Sumekar. Di pantai ini, selain deburan ombak yang cukup tenang dan pasir putih yang sangat halus, para pengunjung juga akan disuguhi dengan rimbunnya pohon Cemara Udang yang berjajar mengikuti garis bibir pantai.

Itulah 10 destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi ketika liburan, selain diatas masih banyak lagi loh wisata yang ada di madura. (vick)

Sumber : Ig @khofifah.ip

Bca Juga : Cara Mencegah Kantuk Saat Mengemudi: Beristirahatlah dan Hindari Makanan Berat

Menjaga dan Melestarikan Tradisi Madura Menjelang Hari Raya Idul Fitri

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x