(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
x

Pembangunan Perpusda Pamekasan Senilai 7,9 Miliar Mangkrak 

2 minutes reading
Saturday, 2 Dec 2023 10:13 0 61 detektif_jatim

Pamekasan, Detektifjatim.com – Pembangunan gedung Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Kabupaten Pamekasan 2023 senilai 7,9 Miliar mangkrak, di Jalan Jokotole, Pamekasan, Sabtu (2/12/2023).

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pamekasan, Amin Jabir mengatakan, lantaran mangkrak, CV Vesaindo Utama selaku kontraktor pelaksana pembangunan gedung Perpusda telah diputus kontrak karena beberapa faktor.

“Sebelum memutus kontrak, kami telah memberikan Surat Peringatan (SP 1-3) bahwa kontraktor pembangunan gedung Perpusda tidak mampu melaksanakan tugas dan memperbaiki kinerja setelah empat kali diberikan waktu perpanjangan,” katanya.

Menurut Amin Jabir, pemutusan kontrak itu sebagai sanksi, suratnya lansung tembusan pada Bupati Pamekasan, Sekretaris Daerah (Sekda), Inspektorat, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP), dan Kejaksaan Negeri RI.

“Sanksi pertama, Amin memasukkan perusahaan atau CV Versaindo Utama dalam daftar hitam (blacklist), dan surat telah dilayangkan terhadap Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) sampai Kejaksaan Negeri Republik Indonesia,” tambahnya.

Kata Jabir, pihaknya sudah melakukan permohonan pencairan jaminan pelaksanaan senilai 5 persen dari kontrak dengan nilai sekitar Rp 499 juta yang merupakan aset dari kontraktor untuk digeser menjadi aset pemerintah daerah Pamekasan dan harus ditransfer ke Kas Daerah (Kasda).

“Progres pembangunan mencapai 60,02 persen. Namun, kontraktor tetap mendapat kesempatan selama 14 hari untuk memberikan ruang dan waktu supaya kontraktor menghitung secara detail melalui pendampingan tim pengawas dan tim profesi audit. Konsultan dapat merekomendasi hasil evaluasi sebagai dasar dan landasan,” tegasnya.

Amin Jabir menyampaikan, ia tetap memiliki tugas dengan melakukan review atau perhitungan riil pada fisik yang telah dibangun untuk dilaporkan terhadap Bupati Pamekasan melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) agar mendapatkan perhatian. Perpusda yang sedang mangkrak itu, disebut mencapai Rp 7,9 miliar dari Daftar Isi Pelaksanaan Anggaran (Dipa) Rp 10 miliar setelah dilakukan lelang dengan pemenang CV Versaindo Utama.

“Kami sedang melakukan perhitungan terhadap rencana review desain. Artinya, pelibatan kembali terhadap konsultan perencana dengan cara melelang kembali perencanaan dan mengusulkan dana pembangunan yang dibutuhkan,” pungkasnya. (Azm).

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x