(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Monday, 24 Jun 2024
x

Industri Tembakau Madura Menjadi Fokus Penelitian PC PMII Pamekasan

2 minutes reading
Wednesday, 5 Jun 2024 13:52 0 20 detektif_jatim

Pamekasan, Detektifjatim.com – Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Pamekasan melakukan penelitian tentang industri dan produktivitas tembakau di pulau Madura khususnya kabupaten pamekasan.

Ketua umum PC PMII Pamekasan, Homaidi menyampaikan bahwa penelitian itu dilakukan bertujuan meningkatakan produktivitas petani tembakau Madura dan pengusaha rokok terlebih lokal pamekasan.

“Kami berpikir riset ini merupakan advokat versi ilmiah, sehingga dapat menjadi kontrol kebijakan pemerintah terkait petani tembakau,” ujarnya, Rabu (5/6/2024).

Homaidi menjelaskan dengan adanya penelitian tersebut, berharap dapat membantu masyarakat. Menurtnya riset ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah dalam pengambilan kebijakan tentang industri tembakau di pamekasan.

Namun sebelum terjun kelapangan PC PMII Pamekasan gelar rapat di Jl. Masjid Bangandan, Rw 05, Jungcangcang, Pamekasan. Dalam mensukseskan penelitian tersebut ikut hadir tim ahli, Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd. Dr. Muhsyi, S.T., M.T.

Sementara itu ketua Lembaga Pusat Penelitian dan Pengembangan Madura (LP3M) Pamekasan, Suroso, mengapresiasi kegiatan penelitian yang dilaksanakan oleh PC PMII pamekasan.

Menurutnya ini sangat bagus. Menunjukkan kepedulian PMII Pamekasan terhadap masalah di lingkungannya, sebab tembakau merupakan pekerjaan pokok bagi petani dan industri lokal, dan ini juga berkaitan dengan lapangan pekerjaan.

“Daun Emas pernah menjadi primadona Madura dengan dampak ekonomi yang tinggi. Apalagi dengan adanya industri lokal Pamekasan, dampaknya akan semakin luar biasa,” Paparnya.

Dilanjut, mantan Konsultan Bapeda Provinsi Jawa Timur selama 13 tahun itu mengatakan, jika dikaji dengan baik oleh Sahabat PC PMII Pamekasan, bakal jadi model bagi keorganisasian.

“Ini akan menjadi model baru bagi organisasi kemahasiswaan untuk lebih memahami lingkungan dan menghasilkan manfaat bagi semua pihak, termasuk masyakat,” Tutupnya.

Di kesempatan itu Suroso berharap kepada sahabat PC PMII Pamekasan bisa bekerja dengan baik dan profesional dalam menjalankan risetnya, (luq).

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x