(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
x

Hari Sumpah Pemuda 2023: Sejarah Singkat, Tema, dan Logo Resmi

3 minutes reading
Saturday, 28 Oct 2023 01:34 0 136 detektif_jatim

Detektifjatim.com – Setiap tanggal 28 Oktober, Bangsa Indonesia merayakan Hari Sumpah Pemuda, sebuah momen bersejarah yang telah menjadi bagian penting dalam sejarah negara ini. Tahun ini, peringatan Hari Sumpah Pemuda memasuki tahun yang ke-95, dan pemerintah telah melakukan berbagai persiapan untuk memperingati peristiwa bersejarah ini, termasuk merilis tema dan logo yang akan digunakan dalam perayaan ini.

Sejarah Sumpah Pemuda:
Hari Sumpah Pemuda memiliki akar sejarah yang dalam, dilansir dari Museum Sumpah Pemuda Kemdikbud, sumpah pemuda dilatarbelakangi dari Kongres Pemuda II yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI). Kongres ini bertujuan untuk memperkuat semangat persatuan dan kebangsaan di kalangan pemuda Indonesia, yang telah berkembang menjadi perasaan yang kuat di hati mereka.

Kongres Pemuda II berlangsung selama dua hari, dari tanggal 27 hingga 28 Oktober 1928, di tiga lokasi berbeda: gedung Katholieke Jongenlingen Bond, Oost Java Bioscoop, dan Indonesische Clubgebouw (Rumah Indekos, Kramat No. 106). Pada tanggal 27 Oktober, Ketua Kongres, Sugondo Djojopuspito, membahas semangat persatuan pemuda. Kongres ini juga membahas arti persatuan dan hubungannya dengan pemuda, seperti yang disampaikan oleh Muhammad Yamin.

Pada tanggal 28 Oktober 1928, dua pendidik, Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro, membahas pentingnya memberikan pendidikan yang layak kepada anak-anak, memastikan kesetaraan antara sekolah dan rumah, serta mendorong partisipasi yang demokratis. Pada hari yang sama, namun dalam waktu yang berbeda, Soenario membahas tentang nasionalisme, demokrasi, dan konsep kebangsaan, menyoroti pentingnya kebangsaan dalam membimbing disiplin dan identitas anak-anak.

Kongres ditutup dengan pembacaan sebuah keputusan oleh Sugondo Djojopuspito, yang kemudian dikenal sebagai Ikrar Sumpah Pemuda. Sejak saat itu, setiap tahun, tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Tema Sumpah Pemuda 2023:
Setiap tahun, pemerintah Indonesia mengusung tema berbeda untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. Dalam perayaan tahun ke-95 ini, tema yang diusung adalah “Bersama Majukan Indonesia”. Tema ini memiliki makna yang dalam, yaitu membangun semangat kolaborasi dari seluruh elemen bangsa untuk memajukan Indonesia. Tema ini juga mencerminkan upaya untuk memantapkan kerja sama dalam sebuah gerak langkah yang harmonis melalui rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ke-95, dengan tujuan menciptakan Pemuda Maju. Selain itu, tema ini bertujuan untuk meraih peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) melalui kerjasama lintas kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah.

Logo Sumpah Pemuda 2023:
Logo resmi peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2023 mencerminkan semangat kolaboratif dalam sebuah orkestrasi yang harmonis. Logo ini menampilkan beberapa orang yang membentuk lingkaran, menandakan semangat kolaborasi. Di dalam logo tersebut, terdapat tema Hari Sumpah Pemuda 2023 dengan slogan “95 Tahun Sumpah Pemuda Bersama Majukan Indonesia”.

link download Logo Hari Sumpah Pemuda JPG

link download Logo Hari Sumpah Pemuda PDF

Makna dari logo ini mencakup dua aspek penting:

1. Rationale Logo: Setiap bentuk dalam logo ini adalah representasi abstrak dari empat manusia yang melambangkan kolaborasi.
2. Ragam warna dalam logo ini mencerminkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya, dengan heterogenitas sebagai dasar kekuatan Bangsa Indonesia. (vick)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x