(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
x

Diskop UKM dan Naker Pamekasan Sukses Gelar Pelatihan Pembuatan Olah Kripik Pisang dan Singkong

2 minutes reading
Wednesday, 21 Jun 2023 04:20 0 65 detektif_jatim

Pamekasan, Detektifjatim.com – Dinas Koperasi (Diskop) Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Tenaga Kerja Kabupaten Pamekasan sukses menggelar pelatihan pembuatan kripik pisang dan singkong, di Odaita Hotel, Kamis (15/06/23) .

Sebelumnya, pada pelatihan wirausaha kemandirian pada peserta UKM, Diskop Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Pamekasan juga menggelar pelatihan vokasional produk UKM selam 3 hari dengan 40 peserta.

Pada kegiatan tersebut, antusias peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut sangat merespon positif. Kegiatan dilakukan melalui praktek secara langsung bagaimana cara pembuatan cemilan tradisioal menjadi olahan yang mampu dan layak jual dipasaran nasional.

Kepala Diskop UKM dan Tenaga Kerja Pamekasan Muttaqin S. Sos. M.si Melalui Kabid Perbedayaan koperasi, Dra. Helda Yusita. M. Psi, menjelaskan, antusias peserta memperoleh pengetahuan baru tentang bagaimana cara pembuatan cemilan biasa menjadi hidangan luar biasa.

Buktinya, banyak peserta yang tidak terlalu tahu namun dengan adanya pemateri yang mempuni mampu memberikan edukasi terhadap semua peserta hingga mereka mampu dan bisa melakukan sesuai apa yang diharapkan pada pelatihan.

“Dari pelatih yang selama 3 hari ini bisa dikatakan sukses. Karena kalau di presentasikan sekitar 90 persen berhasil. Kami sendiri memang mendatangkan pembimbing yang cukup profesional dalam bisangnya dan semua langsung praktek tidak hanya teori saja,” ungkapnya.

Helda menambahkan, adanya pelatihan praktek pembuatan cemilan tradisional tidak hanya dicukupkan pada saat ini saja, melainkan dalam beberapa bulan kedepan dan dalam setiap tahunnya akan selalu ada berbagai macam pelatihan. Sehingga helda berharap adanya masyarakat khususnya pemuda agar bisa bergabung bersama UMKM Pamekasan.

“Kami pemerintah berharap masyarakat khususnya pemuda ikut serta bersama dalam memajukan UMKM kita. Karena dinas koperasi tidak hanya memberkan pelatihan dalam penelolaan jajan tapi kita kita juga memfasiltiasi pelatihan pemasaran di era yang digital ini,”tandasnya (Udi/rd)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x