(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Monday, 17 Jun 2024
x

Polemik Pemberhentian Perangkat Desa Laden, Penasehat Hukum : Kades Tidak Menabrak Aturan

2 minutes reading
Tuesday, 8 Aug 2023 12:38 0 104 detektif_jatim

Pamekasan, Detektifjatim.com – Polemik pemberhentian dan dugaan pemotongan honor perangkat desa yang dilakukan Kepala Desa (Kades) Laden, Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan semakin keruh.

Usai diberitakan pada beberapa media online beberapa hari yang lalu, ratusan masyarakat yang ditunggangi oleh Komunitas Monitoring dan Advokasi (KOMAD) Pamekasan juga melakukan aksi demontrasi pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Selasa (8/8/2023) pagi tadi.

Kordinator Lapangan (Korlap) aksi, Iklal menyampaikan, demo itu untuk meminta kejelasan DPMD Pamekasan atas regulasi yang berlaku mengenai Kepala Desa Laden yang diduga labrak aturan.

“Berikan kami kejelasan, kenapa salah seorang Perangkat Desa Laden dilakukan pemotongan gaji dan diberhentikan secara sepihak,” katanya saat berorasi.

Ia menegaskan, tidak ada regulasi yang mengatur soal honor perangkat desa bisa dipangkas. Tidak hanya itu, usai aksi didepan kantor DPMD pihaknya melanjutkan ke Kejaksaan Negeri Pamekasan.

“Kami meminta ketegasan kepada kepala Dinas DPMD Pamekasan untuk segera mengambil langkah tegas dan melakukan pemecatan terhadap Kepala Desa Laden,” tegasnya.

Menanggapi hal itu, Penasehat hukum Desa Laden Sulaisi Abdurrazaq mengatakan, soal pemberhentian, Kades Laden tidak menabrak aturan. Menurutnya, seharusnya jika ada pihak yang keberatan dengan menempuh langkah hukum.

“Pemberhentian, Kades tidak menabrak aturan. Kalau mereka merasa keberatan, mestinya melakukan langkah hukum sesuai salurannya,” paparnya saat dikonfirmasi, Selasa (8/8/2023) malam.

Ketua Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI) Jawa Timur itu mengungkapkan, dugaan pemotongan honor oleh kades itu tidak benar adanya, kalau ada yang merasa dipotong harus bisa dibuktikan.

“Tidak ada pemotongan honor oleh Kades. Jika ada yang merasa dipotong dia harus membuktikan apakah Kades Laden benar-benar memotong atau tidak. Yang jelas, Kades Laden menyatakan tidak pernah memotong gaji perangkat,” ungkapnya. (Azm).

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x