x

2024 Kabupaten Sumenep Siap membentuk Kabupaten baru?

1 minutes reading
Friday, 10 May 2024 11:35 0 65 detektif_jatim

SUMENEP, detektifjatim.com – Sumenep adalah miniatur Bhinneka Tunggal Ika di ujung timur pulau Madura. Pasalnya Kabupaten yang memiliki ikon “The Soul Of Madura” tersebut memiliki keunikan karena mencakup wilayahnya yang terdiri dari pulau-pulau kecil dengan domain yang cenderung lebih dekat ke daerah lain salah satunya Bali.

Menyadur dari Wikipedia setidaknya terdapat lebih dari 3 Kepulauan besar yang berbentuk kecamatan dan setiap pulau juga memiliki pulau-pulau kecil yang memerlukan sekitar 2 jam perjalanan menyebrang. Sehingga total kepulangan di Sumenep keseluruhannya lebih dari 10 pulau.

Selain itu keunikan lainnya adalah perbedaan bahasa masing-masing daerah. Sehingga tidak fasih berbahasa Madura serta adat istiadat di beberapa kepulauan yang berbeda seperti di Pulau Sapeken yang mayoritas menganut adat Bugis Makassar.

Namun meskipun demikian secara domisili dan kekeluargaan mereka tetap mengakui bagian dari Sumenep.

Beberapa inisiatif pemerintah adalah membangun infrastruktur dan akses transportasi yang memadai dari pusat Kabupaten ke seluruh pulau.

Kemudian yang terbaru adalah terbentuknya Kabupaten baru yang digadang-gadang bernama Kabupaten Kepulauan Sumenep dengan 6 kecamatan di dalamnya.

Beberapa pulau yang termasuk adalah pulau Sapeken, Kangayan, Arjasa, Nonggunong, Gayam, dan Ra’as.

Dengan kemajuan pembangunan di Sumenep dan potensi keragaman budaya di dalamnya, wacana ini sepertinya akan terealisasi pada tahun 2024. (afi/rd)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x