(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
x

14 Desa Peserta Pilkades di Bangkalan Layangkan Surat Tanggapan ke TFPKD

2 minutes reading
Wednesday, 22 Mar 2023 02:51 0 82 detektif_jatim

BANGKALAN, DETEKTIF Jatim – Sebanyak 14 desa dari 149 desa peserta Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang II di Kabupaten Bangkalan melayangkan surat tanggapan ke Tim Fasilitasi Pemilihan Kepala Desa (TFPKD).

Surat tanggapan dari masyarakat tersebut menyusul hasil penelitian dan verifikasi berkas pendaftaran bakal calon kepala desa (bacakades) yang diumumkan oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) masing-masing desa.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bangkalan, Rudianto mengatakan, tanggapan masyarakat tersebut berkaitan dengan tidak lolosnya sejumlah bacakades di 14 desa itu.

Tidak lolosnya sejumlah bacakades itu, kata Rudi, dikarenakan beberapa alasan berkaitan dengan berkas administrasi persyaratan, mulai dari keabsahan ijazah hingga perbedaan NIK Bacakades.

Untuk itu, Rudi mengaku, pihaknya akan memanggil pihak terkait untuk menanyakan pokok permasalahannya. Dia juga akan memanggil pihak panitia untuk mengklarifikasi permasalahan tersebut.

“Kita akan menanyakan juga terhadap P2KD seperti apa proses penelitian dan verifikasinya,” ujarnya, Selasa (21-03-2023).

Sementara salah satu anggota TFPKD, Bahirudin mengatakan, pihaknya hanya memfasilitasi aduan masyarakat sesuai kewenangannya. Dia mengaku pihaknya telah melakukan upaya pemanggilan terhadap sejumlah pihak baik yang melayangkan tanggapan maupun terlapor (P2KD) untuk dimintai penjelasan.

“Kita hanya tim fasilitator. Jadi kita hanya memfasilitasi memanggil pelapor untuk membuktikan baik secara lisan maupun administrasi soal yang dituduhkan. Setelah itu, baru TFPKD bisa memberikan rekomendasi atas persoalan yang ditanggapi,” ucapnya. (San)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x