(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Monday, 17 Jun 2024
x

TPS3R Desa Laden Kelola Tonase Sampah Menjadi Rupiah

1 minutes reading
Wednesday, 17 May 2023 08:41 0 122 detektif_jatim

Pamekasan, Detektifjatim.com – Meski tidak bekerja sama dengan Desa lain, Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R) yang ada di Desa Laden, Kecamatan Pamekasan dalam tiap harinya hasilkan sampah hingga 5 kuintal lebih. Kuintalan sampah itu dikelola menjadi bahan bernilai rupiah.

Candra Prasityo selaku pengelola sampah tersebut menuturkan, pasokan sampah yang di ambil di rumah warga dilakukan setiap hari dari pagi hari hingga siang hari. Padahal, TPS tersebut belum melakukan kerja sama dengan desa yang lainnya.

“Kami mengambil sampah ke rumah warga tiap hari, dan kalau di kalkulasikan ada sekitar 5 kuintal. Jadi, jika satu minngu kita bisa hasilkan sampah sekitar 1 ton, sebagian sampah bernilai kita jual,” ungkapnya, Senin (15-05-23).

Menurut sopir viar pengangkut sampah itu, petugas sampah itu hanya ada empat orang. Namun untuk saat ini tersisa tiga orang karena berhenti.

“Awalnya kami ada 4 orang. Cuma karena satunya berhenti jadi kita tinggal bertiga saja,” tuturnya

Candra melanjutkan, pihaknya sudah pernah menjual sampah yang berupa sampah botol dengan nominal pendapatan yang bervariatif.

“Pernah kami menjual sampah botol dan itu kami dapatkan uang sebesar 500 ribu rupiah. Namun untuk harga itu bervariatif, kadang murah kadang mahal, untuk uangnya itu masuk ke kas,” tandasnya. (Udi/rd)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x