(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
x

Ancam Lingkungan, Pemuda Brakacu Bagikan Ribuan Bibit

2 minutes reading
Thursday, 20 Apr 2023 01:52 0 72 detektif_jatim

SUMENEP, Detektifjatim.com – Pemuda Brother Karang Nangka Cuberek (Brakacu) membagikan 1. 200 bibit pohon kepada masyarakat Desa Karang Nangka, Kecamatan Ra’as, Kabupaten Sumenep, secara gratis, Rabu, (19/04/23. Bagi-bagi bibit pohon itu sebagai i’tikad baik pemuda Brakacu untuk keberlangsungan masa depan Desa Karang Nangka.

Bibit pohon buah yang dibagikan yaitu Sirsak, Nangka, Jambu Kristal, Krodokan, Cemara laut, pete, durian dan Kayu Putih. Teknis penyebarannya yakni dengan membagikan titik pengambilan bibit yakni di Posko Brakacu, serta mobil pickup secara keliling dari rumah ke rumah.

Selain membagikan bibit pohon, menjelang buka puasa para pemuda Brakacu juga membagikan takjil secara gratis .

Ketua Umum Pemuda Brakacu Ahmad Taufik menyampaikan, program itu dilakukan tak hanya untuk meremajakan kembali kondisi alam, tapi juga dalam rangka mencanangkan program jangka panjang untuk mewariskan alam yang bersahabat untuk anak cucu.

“Tekad kuat dalam mewujudkan cita-cita tersebut tidak hanya omong kosong belaka tetapi direalisasikan dengan tindakan konkret,” tegas pria kelahiran desa setempat.

Taufik menambahkan, gerakan tanam pohon menurut bibit gratis untuk mendukung program penghijauan lingkungan, meningkatkan keberhasilan rehabilitasi hutan dan lahan, serta meningkatkan perekonomian masyarakat dari sektor kehutanan.

“Dari hasil yang kami dapat, kegiatan ini tidak hanya dilakukan sekali. Namun secara berkala guna melihat kedepan hasil dari penghijauan di alam sekitar Desa Karang Nangka,” paparnya.

Sementara itu, Mansur salah satu masyarakat Desa Karang Nangka yang menerima bibit secara gratis menyampaikan, dengan adanya bantuan bibit buah-buahan gratis dapat memberikan manfaat dan perbaikan ekonomi warga.

“Dengan adanya pembagian bibit secara gratis ini, dapat menghindari ancaman terhadap kerusakan lingkungan untuk beberapa tahun kedepan,” kata Mansur. (*/rd)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x