x

DLH Pamekasan Target Pengurangan Sampah Hingga 30%

2 minutes reading
Tuesday, 7 May 2024 06:44 0 37 detektif_jatim

Pamekasan, detektifjatim.com – Upaya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan menekan penumpukan sampah terus dilakukan. DLH memiliki target pengurangan sampah hingga 30 persen dari seluru sampah yang ada di bumi Gerbang Salam.

Sekretariat DLH Pamekasan Zubaidi mengatakan, untuk memenuhi target kebijakan dan strategi daerah (Jakstrada) dan Jakstranas pengurangan sampah hingga 30 persen dan penanganan sampah 70 persen. Target itu akan dilakukan secara bertahap sampai 2025.

“Makanya dibentuk TPS3R. Masyarakat ikut andil dengan menjadi nasabah. Untuk pengangkutan sampah agar dilakukan pemilihan pemilahan dan pengelolaan dengan pola 3R (Reduce reuse recycle),” ujarnya.

Sedangkan pembentukan bank sampah adalah sistem pengelolaan sampah melalui penampungan sampah agar bernilai ekonomis.  Masyarakat selaku nasabah sudah memilah sampah dari sumbernya.

Zubaidi menambahkan, sasaran TPS3R adalah semua elemen masyarakat sebagai produsen sampah permukiman, perkantoran, pasar, terminal, lembaga pendidikan, pertokoan dan lain-lain. Hasilnya, sampah terkelola dengan baik dan mencegah pembuangan sampah sembarangan.

“Jumlah sampah masuk ke TPA terkurangi dan memperpanjang umur pengelolaan TPA. Pemberdayaan masyarakat pada sektor persampahan juga dengan memanfaatkan sampah bernilai ekonomis,” tambahnya

Pengelolaan TPS3R dan bank sampah adalah pengelolaan sampah yang dilakukan oleh kelompok swadaya masyarakat. Tujuannya untuk mengurangi jumlah sampah yang masuk TPS dan pembuangan sampah sembarangan dengan melibatkan peran serta masyarakat untuk memilah dan memanfaatkan sampah bernilai ekonomis. (*/rd)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
x