x

15 Kotak Dapil Proppo-Palengaan Hitung Ulang, KPU Pamekasan Pindahkan SS ke Mapolda Jatim

waktu baca 2 menit
Kamis, 20 Jun 2024 09:08 0 45 detektif_jatim

PAMEKASAN, detektifjatim.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan memindahkan 15 kotak suara dari Gudang Induk Bulog Larangan Tokol Pamekasan ke Mapolda Jatim di Jalan Jenderal Ahmad Yani 116 Kota Surabaya, Kamis (20/6/2024) pagi.

Pemindahan itu dilakukan berdasarkan Instruksi KPU RI usai Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan perhitungan surat suara ulang di sejumlah daerah di Indonesia termasuk Daerah Pemilihan (Dapil) II Kecamatan Palengaan – Proppo Pamekasan.

Komisioner KPU Jatim Divisi Teknis Penyelenggaraan, Perencanaan dan Logistik Miftahur Rozak menyampaikan, pemindahan itu atas pertimbangan keamanan ditambah instruksi KPU RI usai MK putuskan perhitungan surat suara ulang.

“Kami hadir untuk memastikan KPU Pamekasan menindaklanjuti surat instruksi dari KPU Pusat dalam rangka menindaklanjuti putusan MK. Pemindahan ini atas pertimbangan keamanan dan kondusifitas juga,” katanya.

Miftahur Rozak mengatakan, bahwasanya KPU Jatim sudah berkoordinasi dengan Polda Jatim serta Bawaslu Jatim untuk melakukan perhitungan ulang di Provinsi. Apalagi, saat ini masa transisi komisioner KPU Jatim.

“Tidak hanya Pamekasan ada juga Jember yang dilakukan proses pemindahan kotak suara ke Surabaya. Jumlahnya sesuai dengan amar putusan MK, Pamekasan 15 kotak suara pada DPRD, Jember 105 kotak suara pada DPR RI,” tambahnya.

Sementara itu, ketua KPU Pamekasan Mahdi menuturkan, pihaknya sudah menindaklanjuti instruksi KPU RI untuk pemindahan 15 kotak suara Dapil II Kecamatan Palengaan – Proppo, terdiri atas lima Desa.

“Maka atas arahan KPU Jatim demi kondusifitas kotak suara 15 TPS kami geser ke Provinsi sebelum jam 16:00 Wib ditargetkan harus sampai di kota Surabaya,” ucapnya.

Mahdi menjelaskan, KPU Pamekasan rencananya akan melakukan perhitungan surat suara ulang di Mapolda Jatim pada, Minggu (23/6/2024) dengan melibatkan Bawaslu Pamekasan dan perwakilan Parpol Pamekasan.

“Hitung ulang itu pada Minggu mendatang. Pamekasan target selesai satu hari karena sedikit kotak suara. Kalau Jember itu targetnya tiga hari karena jumlahnya banyak,” jelasnya (azm/rd).

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x